Mengenal Apa Itu Content Placement dan Manfaatnya Secara Umum

by Tigin Pesa
Mengenal Apa Itu Content Placement dan Manfaatnya Secara Umum

Bagi rekan-rekan blogger atau pengelola web, tentu sering mendengar content placement. Masih ada yang tidak paham maksud dari apa itu content placement meskipun para blogger sudah sering mendengar namanya. Padahal, salah satu trik pengelolaan blog ini banyak memberikan manfaat bagi pengguna blog, terutama terkait dengan peningkatan bisnis.

Pengertian Content Placement

Melesatnya kecanggihan teknologi memperkenalkan pada banyak istilah dan bidang kerja yang baru. Salah satunya adalah digital marketing, yang lekat dengan pengelolaan web dan juga blog. Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam tentang apa itu content placement, tentu harus akrab juga kegiatan lain di dunia pemasaran digital, blog, dan bisnis dalam jaringan semacamnya.

Content placement merupakan kegiatan membuat dan mengisi konten di web atau media milik orang lain. Artinya, seorang penulis atau pembuat konten akan menawarkan tulisan, video, atau jasanya untuk mengisi web yang sedang dikelola oleh orang lain. Bukan hanya artikel atau sejenisnya, content placement bahkan dapat pula berupa iklan berbayar atau bahkan unggahan bertajuk sponsor.

Dengan demikian, selain mengisi konten pada web tersebut, penulis atau pembuat konten dapat sekaligus memasarkan brand miliknya sendiri. Siapapun yang membaca atau melihat sponsor post-nya diharapkan akan mengarah ke web atau blognya sendiri.

Manfaat Content Placement

Setelah memahami apa itu content placement, maka pertanyaan akan bergeser ke manfaatnya bagi web atau blog milik sendiri. Selain itu, aktivitas ini sepintas hanya terlihat menguntungkan bagi satu pihak saja, padahal ada pula keuntungan yang bisa didapat dari pihak pembuat konten.

1. Membangun dan Memperkuat Jaringan

Manfaat pertama dari trik ini adalah membangun dan memperkuat jaringan. Menggeluti bidang content placement, sama saja dengan menanamkan citra baik sang pembuat konten di web selain miliknya. Pembuat konten akan menyebarkan sebanyak mungkin artikel atau sponsor post di banyak web. Dengan demikian, jaringan akan perlahan terbangun, semakin banyak dan kuat.

2. Mempermudah Branding

Aktivitas ini dapat pula memberikan manfaat lebih jauh dari sekadar memperkuat jaringan. Dengan adanya content placement di web lain, tentu akan terbaca bahwa konten yang dibuat dapat bermanfaat. Hal itu terbukti dengan adanya web-web yang menggunakan konten atau sponsor post tersebut.

Alhasil, web atau blog milik sendiri pun akan ikut terangkat namanya sebagai sumber konten yang berkualitas. Situs akan semakin dikenal dengan strategi penempatan konten ini, sehingga perlahan nama bisnis milik sendiri pun akan dikenal lebih luas.

3. Meningkatkan Peringkat Web

Pengelolaan web atau blog tentu menginginkan situsnya terindeks google dan terpampang di halaman paling depan mesin pencarian Google, Yahoo, Bing, dan yang lainnya. Strategi penempatan konten ini lambat laun akan mendongkrak traffic pengunjung ke web milik sendiri. Hal itu tentu saja akan meningkatkan peringkat web karena semakin banyak pengunjung yang masuk.

Menggunakan strategi ini, memberikan manfaat ganda bagi pemilik web dan juga pembuat konten. Untuk itu, sangat penting untuk memahami apa itu content placement, serta menerapkannya sebagai strategi pemasaran bisnis.

You may also like