6 Cara Jual Makanan Online yang Efektif

Bisnis dibidang kuliner memang menjanjikan keuntungan besar, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Namun, untuk memperkenalkan produk tersebut dan menarik minat masyarakat bukan perkara mudah. Karena itulah, penjual terutama bagi pemula untuk mencari cara jual makanan online yang efektif.

Mungkin jualan makanan secara online tampak mudah, namun pada kenyataanya untuk mengembangkannya perlu usaha lebih. Jika ingin sukses di bidang ini ada beberapa cara jual makanan online yang efektif dan perlu dilakukan, diantaranya seperti berikut ini.

1. Tentukan Produk Makanan

Sebelum mulai berjualan online, langkah pertama yang perlu dilakukan yakni menentukan produk atau jenis makanan yang akan dijual. Meskipun tampak sepele, faktanya hal ini tidak bisa dianggap remeh. Disini calon penjual harus pintar membaca minat pasar.

Dalam hal ini penjual dapat menjual produk buatan sendiri maupun orang lain, namun pastikan ras dari makanan tersebut enak. Selain itu, penting bagi penjual untuk menentukan target konsumen dalam memilih jenis produk yang akan dijual.

2. Lakukan Pemotretan Produk Makanan

Setelah menentukan jenis produk yang akan dijual. Berikutnya yang perlu dilakukan adalah membuat katalog produk makanan tersebut, jika ingin hasil maksimal penjual dapat menyewa jasa fotografer dan desain grafis untuk melakukannya.

Namun jika ingin menghemat budget, hal itu dapat dikerjakan sendiri. Namun sebaiknya gunakan alat potret yang bagus, pilih background yang sesuai dan perhatikan pencahayaannya. Buatlah semenarik mungkin, agar orang-orang tertarik untuk melihatnya.

3. Buatlah Copywriting Produk

Jika ingin berjualan online, penjual harus memiliki senjata ampuh untuk menarik minat para konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat copywriting tentang produk yang dijual semenarik mungkin.

Membuat copywriting juga tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pelajari secara lengkap mengenai produk tersebut. Kedua, pahami kebutuhan target pasar dan buatlah headline menarik. Ketiga, gunakan kalimat persuasif di bagian akhir.

4. Posting dan Promosikan di Jejaring Sosial

Jika senjata jualan sudah lengkap, mulai dari foto produk lengkap dengan copywriting-nya. Selanjutnya penjual sudah bisa menyebarluaskan postingan tersebut ke berbagai jejaring sosial seperti Instagram, Facebook dan masih banyak lainnya.

Pastikan untuk selalu update postingan dengan konten-konten baru. Hal ini cukup penting untuk menarik minat dan rasa penasaran para konsumen terhadap produk makanan tersebut. Selain itu, penjual juga harus update mengikuti tren pasaran.

5. Rutin Memberikan Promo dan Terus Berinovasi dengan Produk Baru

Supaya produk makanan tersebut lebih menarik, penjual dapat memberikan promo tertentu. Cara ini cukup ampuh untuk menarik minat masyarakat. Pasalnya, banyak orang tertarik untuk mendapatkan harga khusus yang jauh lebih murah.

Tidak melulu dengan diskon atau promo lainnya. Jika ingin menarik minat masyarakat, penjual juga harus rajin mengeluarkan produk-produk makanan terbaru. Hal ini penting untuk dilakukan, karena selain untuk menghilangkan rasa bosan dan menarik rasa penasaran konsumen dengan produk baru.

6. Lakukan Endorsement

Senjata lain yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk makanan di kalangan masyarakat yakni dengan melakukan endorsement ke selebgram. Cara jual makanan online dengan metode ini cukup ampuh.

Meskipun dengan cara ini, penjual harus mengeluarkan budget lebih untuk membayar jasa endorsement. Namun, metode tersebut dapat meningkatkan minat masyarakat. Pasalnya, orang-orang cenderung ingin membeli produk yang sama dengan idolanya.

Itulah beberapa cara jual makanan online yang efektif. Semoga informasi ini dapat menjadi sumber referensi terutama bagi pemula dalam bidang ini.